Let’s go to the Kuningan, Jawa Barat.

Rabu, 03 April 2013



Sebelum baca ini cerita gue saranin lo lagi ada di posisi duduk yang enak, karena ini cerita panjang banget…
Setelah 1 semester menuntut ilmu, berusaha mencintai tugas, berusaha menjadi mahasiswi yang disiplin teladan jujur baik hati berbudi luhur dan lain sebagainya (macam slogan partai) akhirnya gue dan beberapa temen gue memutuskan untuk liburan.

Liburan kali ini bukan liburan yang mendadak sih, kami sudah memiliki uang simpanan alias tabungan untuk liburan, supaya ngga perlu minta uang lagi sama orangtua. Awalnya kita niat buat liburan ke maribaya tapi gagal karena menurut salah satu temen gue, disana ngga ada apa-apa yang menarik dan bikin gempor karena harus jalan jauh, selain itu juga karena temen gue itu ga dibolehin pergi liburan ke luar kota oleh babehnya. Lalu kita mutusin buat ke taman mini tapi dibatalin lagi lantaran temen gue masih ngga dibolehin ama babehnya. Akhirnya setelah dipikir-pikir, daripada pergi tanpa salah satu personil genk ke taman mini, mending kita pergi liburan ke tempat yang jauh sekalian.

Waduk Darma, Kuningan, Jawa Barat. 

Kami bertiga memutuskan untuk pergi liburan kesana tanpa salah satu anggota genk kami. (sebenernya agak risih make kata ‘genk’ disini, tapi mau gimana lagi, kemana-mana kami selalu berempat kalo dikampus jadi apa dong sebutan lain kalo bukan genk).

Senin, 4 Februari  2013. Ketika orang lain sibuk dengan kerjaannya atau anak sekolah sibuk dengan pakaian rapih untuk mengikuti upacara bendera tapi disini disudut kota ini, yuli (anak rantau dari Palembang yang kost di deket kampus ), gue (anak yang ga jelas darimana asal daerahnya dan nebeng tinggal di rumah nenek selama kuliah), dan ina (anak cipinang yang hidup di Jakarta sedari kecil tapi asli orang Kuningan Jawa Barat) malah sibuk pergi ke pulogadung untuk memulai perjalanan menuju kuningan (kampong halaman ina). 

Sebenernya kami ngga pergi bertiga, kami bawa gery (teman satu jurusan dan satu angkatan dikampus tp ngga satu kelas, asli kuningan juga dan satu-satunya cowok yang ikut rombongan kita). Gery diharapkan dapat membimbing, mengayomi, menjaga, menemani, dan menjadi tukang foto amatiran. Sayang banget sebenernya maya (anak bekasi berdarah jawa yang tangguh krn mau ke kampus aja butuh perjuangan harus  lewat pulogadung yang selalu macet) ngga ikut dalam liburan kali ini.

PERJALANAN MENUJU PULOGADUNG

Jam 7an (kalo ga salah inget) kami berempat udah berjumpa di pulogadung. Jam 8an kita naik bus luragung. Dengan posisi duduk, ina dan gery di bangku paling depan. Gue dan yuli di bangku nomor 3. Gue dan yuli sengaja ga pilih bangku nomor 2 lantaran kacanya ga bisa dibuka jadi engap. 

So far so good, dengan biaya 40ribu rupiah kami bisa cussss ke kuningan, di bus biasa aja, yuli asik dengan posisi duduknya yang bikin dia nyaman buat tidur, sedangkan gue asik dengan lagu-lagu yang gue dengerin di mp3, ina dan gery (mungkin) juga asik dengan jalanan yang mereka liat dengan jelas krn duduk di depan atau asik dengan obrolan mereka. sampe akhirnya gue menyadari kalo pant** gue udah mulai keram lantaran kelamaan di bus. Sampai gue sadar kalo itu udah jam 10an (kalo ga salah inget) dan gery bilang perjalanan masih 2 jam lagi. Huwaaaa…… Oke. Karena gue ngga mungkin turun buat balik lagi ke Jakarta, atau ga mungkin rebaan di bus, atau ga mungkin jalan-jalan di bus, akhirnya gue mutusin buat menikmati pemandangan, dengan badan gue yang meringsang mirip kayak ibu-ibu yang lagi di perjalanan mau kerumah sakit lantaran mau lahiran cuman bedanya gue ngga pake teriakan, hanya badan aja yang ngga bisa diem di bangku. 

Sepanjang jalan ada rumput, rumah penduduk, sampai pantai. Dan lagi gue menyadari ada ketidaknyamanan disini, jendela yang dibuka yuli kelewat lebar bikin gue mulai ngerasa banyak angin yang gue timbun di badan gue, gue tahan krn ngga enak ganggu yuli lagi tidur tapi gue mulai pusing, hingga akhirnya gue ngerasa mau muntah dan gue memberanikan diri ngebangunin yuli buat nutup jendela rapat2. Fix, ketidaknyamanan itu pergi dengan sendirinya.

TURUN DARI BUS LURAGUNG

Satu persatu penumpang mulai turun and next kita yang turun. Ah rasanya kayak menuju kemenangan. Sempet lama juga nunggu bus (bus nya semacam metromini cuman agak bagusan) untuk menuju ke rumah sodara ina. Perjuangan emang ngga ada yang sia-sia, setelah berdiri duduk berdiri duduk berdiri lagi duduk lagi buat nunggu bus, akhirnya bus nya datang. Kita bayar ongkos 5 ribu / orang hingga kita sampai di depan polres dan turun. Gue kira rumahnya deket jalan raya situ, ternyata. SALAH. Kita masih harus menggunakan ojek lagi untuk sampai ke TKN (tempat kami nginep), berhubung kakak sepupunya ina yang berprofesi sebagai polisi berbaik hati mengantarkan kita menuju rumahnya jd kita ga perlu naik ojek.

Sepanjang perjalanan, kami dimanjakan dengan pemandangan yang keren banget banget banget, ketika gue dan yuli mupeng alias takjub sama pemandangan yang hijau, gunung, sawah, rumput aaaah bikin mata seger pokoknya, eh gery dan ina malah masang tampang biasa aja mungkin krn ini kampong  halaman mereka jd mereka udah biasa liat begituan, beda banget ama gue dan yuli yang terbiasa liat genteng rumah orang mulu. Oh iya gue belom cerita kalo gery juga orang kuningan, cuman kampung halamannya agak lebih jauhan lagi dari kampong halaman ina, itu juga salah satu alasan kenapa kita ajak gery.

Hari pertama : senin, 4 februari 2013
RUMAH KAKAK SEPUPU INA

Taraaaaa…..
Kita sampe di rumah kakak sepupunya ina sekitar jam 1an (kalo ga salah inget). Pemandangannya indah banget, udara juga sejuk banget, lantainya aja diinjek dingin banget, airnya?? Jangan ditanya lah, udah bisa nebak kan airnya dingin/ngga. Liat aja nih pemandangannya

Sampai disana kita langsung selonjoran, terus mandi, terus makan deh. Kita ngeinep semalam disana, besoknya baru kita nginep dirumah alm. Kakeknya ina. Dirumah itu ada 2 keponakan ina cewek dan cowok, yang cowok kayaknya masih tk dan yang cewek belom sekolah. Kegiatan kita ya gitu-gitu aja, ngobrol, foto-foto, main sama keponakan ina yang cewek, main abc 5 dasar yang kalah dibedakin. Disana juga ada adegan kita foto-foto
























Ada adegan ina yang mecahin gelas (/ piring gitu, gue lupa) pas lagi cuci piring, adegan yuli yang anggun banget nyuci piringnya lantaran megang sponsnya lentik banget, dan adegan gery yang terpaksa tidur ama kita bertiga dikamar (eh tp ini gery yg terpaksa tidur ama kita atau kita yang terpaksa tidur ama gery ya) gue,ina,yuli tidur diatas tempat tidur, sedangkan gery tidur dibawah dengan tiker. 
Oh iya disana ada juga adegan dimana gery jadi imam kita bertiga pas lagi solat magrib. It’s nice banget, kalo kata anak belasan tahun sih so sweet, seharian kita bareng itu so sweet banget, ketawa-ketawa seakan lupa kalo minggu depan kita udah mulai masuk kuliah lagi. Ngga sadar kalo udah malem, badan juga udah capek, lalu kita bertiga tidur. Keponakan ina yang ikutan tidur dikamar ama kita akhirnya dipindahin ama gery di kamar mamahnya lantaran ngga muat tempat tidurnya kalo dia ikutan tidur disitu.
Akhirnya malam terasa cepet banget, gue kebangun dipagi hari lantaran nyadar kok kasur rada lega, ternyata ina dan yuli udah bangun duluan, mereka jalan-jalan menginggalkan gue. Tadinya gue kira gery juga ikut mereka tp pas gue liat kebawah ternyata gery masih tidur. Ngga lama setelah itu, kami siap-siap menuju rumah nenek ina. Kita kesana naik ojek dengan harga 10ribu per ojek (kalo ga salah inget)

Hari kedua : selasa, 5 februari 2013. 
RUMAH Alm. KAKEKNYA INA

Sampe rumah alm. Kakeknya ina pemandangan juga ga kalah bagus.  Disana seperti biasa, kita foto-foto, ngobrol, dan nemenin ina berkunjung ke beberapa rumah sodaranya. Pas lagi berkunjung di salah satu rumah sodara ina, kita diajak ke sawah, wah awalnya gue tertarik banget, secara seumur-umur gue ga pernah injek sawah, paling kalo liat sawah pas lagi di jalan tol doang. 

tersesat di sawah
Yeah!!! Gue ke sawah sok cantik pake sandal jepit yang tipis, awalnya tantenya ina udah ngasih tau buat jangan pake sandal itu krn nanti bisa putus, tapi gue tetep sok cantik dan berlanjut pake sandal itu. Dan bener aja, disawah itu sandal gue mendem di tanah dan susah gue tarik, mau ga mau ketika yang lain masih pake sandal, gue memilih nyeker drpd harus terima kenyataan kalo sandal gue putus. 

Tadinya kita mau foto di sekitar sawah, foto ditempat yang backgroundnya bagus, oke, kita memberanikan diri untuk nyamperin tempat itu dan you know?? Kita tersesat dan malah ngga jadi foto-foto disono, nih gery sempat mengabadikan tampang kita pas tersesat (lihat foto diatas). Mau ga mau kita putar balik dan ga jadi foto-foto di sawah. Cukup lama kita dirumah sodara ina yang ini, sampe makan siang disana dan baru balik  ke rumah alm. Kakek ina pas sore.  Ngga jadi foto-foto disawah akhirnya kita memilih untuk foto-foto saat perjalanan pulang.
Riris ngga sadar camera
Tanpa maya. Hikz :(
gery merusak kecantikan gue
gunungnya keren, merekanya???


Sore menjelang magrib, kita masih mengunjungi rumah sodara ina, tetep ngga mau ketinggalan ngintilin ina. 
Pulangnya foro-foto lagi…
anggap aja batu itu maya, deal??


umbrella boy

mungkin ceritanya gue "setan" yang hadir jika ada laki-laki dan  perempuan berduaan

PLEASE!! *fokus* ke yuli
























cantik kan kami :) Tentu Saja













































sampe rumah alm. Kakeknya ina, kita ngeliat belanjaan kita, tadi pas pulang dari sawah, kita sempet belanja mie instan, kopi, cemilan, dan yuli beli toge, anehnya toge yang yuli beli ga ada di tas gue, hingga tulisan ini gue posting, gue masih ga tau dimana toge yg yuli beli. Entah jatoh, atau ngga dimasukin ke kantong plastic.. setelah itu kita satu-satu mulai gentian mandi dan ngecharger hp, kelar mandi gue liat hp gue masih nyala dan ternyata hp gue rusak, seketika gue pun bad mood dan ga napsu makan. Malemnya kita tidur ngegeletak di lantai di depan pintu. Hari yang panjang dan melelahkan. Sekaligus bikin bad mood di akhirnya.

Hari ketiga : rabu, 6 ferbuari 2013 
RUMAH Alm. KAKEKNYA INA

Hari itu gue bangun dengan kondisi badan yang ngga enak, mengigil dan gue sadar kalo gue meriang. Padahal malam itu gue doang yang tidur di kasur dengan selimut tebel, ternyata malah gue doang yg meriang, ga tau krn mikirin hp yg rusak atau krn gue tidur didepan pintu dan cuaca dingin atau krn gue ga makan malem atau krn gue capek seharian kesana-sini.

 Akhirnya krn gue sakit, ngga banyak yang gue lakuin, seharian full fue cuman tiduran dikamar,bangun cumin buat minum, makan, dan minum obat. Setengah sadar gue rebahan aja di tempat tidur di dalem kamar. Sempet ngerasa ngga enak ama yang lain, liburannya kacau krn gue sakit, badan ge emang rada alay, kena angin banyak masuk angin, kena dingin banyak meriang, ngga makan semalem terus kena angin eh sakit. Maaf ya teman.. dan makasih buat ina yang baik banget bikini the anget, beliin obat, dan sendokin makan. Huwaaaaaaaaaa baik banget deh ina pokoknya….

Hari keempat : kamis, 7  ferbuari 2013 
RUMAH Alm. KAKEKNYA INA

Pagi itu badan gue mulai enakan,ngga terlalu meriang, setelah kemaren full gue ga mandi, pagi ini gue mandi dengan air anget yang dimasakin oleh tantenya ina, kan gue ngerepotin lagiaja dimari. Gue dan yuli balik duluan, kita naik travel lantaran gue ngerasa takut sakit lagi kalo naik bus. Ina dan gery balik belakangan krn gery mau ke rumah sodaranya dan ina masih kangen ama sodaranya. Biaya 90 ribu rupiah gue naik travel jam 11an (kalo ga salah inget) dan akhirnya gue sampe rumah dengan slamat. Anehnya pas magrib gue charger hp, eh hp gue nyalah lagi. Keanehan kedua adalah pas sampe rumah badan gue seger buger. Dan maaf buat yuli, gara2 ikut gue naik travel, dia baru sampe rumah jam 11 malem.

Oh iya menurut narasumber, ternyata biaya naik bus sejenis metromini itu Cuma 3000 perak tp kita malah bayar 5000, naik ojek juga cumin 5000 eh kita bayar 10ribu, maklum pendatang jd masih belum paham. Disana juga murah2, gorengan 2 biji 500 perak dan bubur 1 porsi 2500. Amazing….

Maaf juga buat para pembaca, maaf banget gue kebanyakan pake kalimat kalo ga salah inget di beberapa cerita karena perjalanan ini udah lama banget 4 februari 2013 dan gue baru sempet nulis cerita tanggal 4 april 2013.

0 komentar:

Posting Komentar